pandangan saya tentang novel Laskar Pelangi

Waktu pertama kali saya mengerahui tentang novel lascar pelangi itu saya mengetahuiinya dari teman saya yairu vita. Kata vita novel tersebut bagus dan saya disuruh membeli novel tersebut dan vita pun ternyata mengetahuinnya setelah menonton Kick Andy yang kebetulan pada saat itu mengulas tentang novel karya Andrea Hirata itu. Saya pun akhirnya pergi ke toko buku dan membelinya.
Berbicara tentang novel Laskar pelangi tersebut kesan pertama saya tidak begitu bagus karena dilihat dari cover depan novel tersebut tidaklah menarik namun pada saat itu saya tetap membeli. Pada saat waktu luang saya mencoba membaca nobvel tersebut mungkin pada awalnya saya kurang begitu mengerti dengan jalan ceritanya karena bagi saya novel tersebut terlalu berbelit-belit kebanyakan menceritakan tentang pemandangan yang bagi saya kurang begitu penting. Saya pun akhirnya tidak menyelesaikan novel tersebut malahan saya malah meminjamkannya kepada vita karena dia ingin membaca novel tersebut juga.
Mendengar cerita vita setelah membaca novel tersebut ternyata bagus akhirnya saya membacanya. Memang pada awalnya saya kurang begitu bagus karena kurang greget namun sampai di tengah cerita tersebut saya pun mulai tertarik dan akhirnya membacanya sampai habis.
Banyak pelajaran-pelajaran berharga yang saya dapatkan ketika saya membaca novel tersebut seperti pada saat Lintang bertemu dengan buaya namun walaupun dia akan terlambat sampai sekolah dia tetap ingin pergi ke sekolah. Cerita tersebut memberikan motivasi bagi saya untuk bersekolah walaupun terkadang saya juga malas untuk pergi ke sekolah.cerita tersebut menyindir saya bahwa rasamalas harus dilawan. Dan juga engingatkan saya bahwa kepintaran bukanlah suatu jaminan di masa depan tergantung dari usaha dan juga nasib yang menenaan. Bagaimana Lintang yang pada waktu itu tmampu menyelesaikan soal integral ketika dia SMP ironisnya dua be las tahun kemudian hanya terk par menjadi buruh bedeng PN Timah.Ternyata di balik semua halTuhan sudah enggariskan jalan hidup setiap individu.b
Tokoh Aku dalam cerita tersebut juga mengajarkan banyak hal bagi saya sepeti kmisalnya meskipun pada akhir cerita bagi ia hanya menjadi tukang pos padahal ia sangat memb nci pekerjaan tersebut namun ia tetap berusaha dan tidak putus asa maka ia pun menjadi seorang penulis yang hebat dan mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Sunggu tokoh yang sangat menginspirasi saya agar selalu berusaha dan tidak cepat putus asa meskipun terkadang apa yang telah kita rencanakan tidak sesuai dengan apa yang kita kehendaki.
Pesan saya janganlah menilai sebuah buku dari sampulnya saja waalaupun cover depan lascar pelangi tida k menarik tenyata isinya sangat bagus. Banyak hal yang bias di dapatkan dari novel tersebut yang sarajarat akan makna dan pengajaran tentang kehidupan yang tidak semua orang bisa dapatkan. Sungguh novel yang benar-benar menggungah kesadaran kita dan pasti akan selalu bersyukur setelah membaca novel ini.

3 Tanggapan so far »

  1. 1

    yoeti said,

    hai Karin…..memang Novel Laskar Pelangi banyak mengandung nilai – nilai kehidupan yang bisa kita ambil…syukur kalu kau bisa menemukan nila 0 nilai tersebut.Mudah2an buka hanya sesaat saja namun bisa kau jadikan pijakan dalam hidupmu…
    Punyailah mimpi – miimpi yang akan membuat hidupmu semakin indah…
    sukses buatmu…belajar dan belajarlah terus tentang berbagai hal….
    untuk mengarungi kehidupan di masa mendatang….
    salam selalu…………….

  2. 2

    YOETI said,

    Senang mendengar kau mendapatkan nilai – nilai dari novel “Laskar Pelangi”..mudah2an kau dapat menjadi baik dan lebih baik dari hari ini….
    salam sukseeees buatmu selalu

  3. 3

    tukyman said,

    aku lah yang pertama
    membawa bekas🙂


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

